Tips dan Trik, Cara Super Hebat Agar Band Kalian Bisa Terkenal

Posting Komentar
Google.com
 
Terkenal dan ingin dipuja? Punya mimpi jadi band terkenal dan bisa manggung di venue besar dengan penonton ribuan? Mimpi kamu bisa kok jadi kenyataan asalkan ada kerja keras dan band kamu menghasilkan karya yang bisa diterima oleh masyarakat banyak. Untuk saat ini fokus dulu mempromosikan band indie agar lebih dikenal oleh pendengar genre musik yang kamu usung. Sekarang ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk promosi karena medianya sudah semakin variatif, termasuk memanfaatkan media digital. Ini dia caranya agar band indie kamu bisa meroket.

1. Buat video demo
Sekarang sudah jamannya digital dan internet, kamu bisa memanfaatkan sarana untuk bisa bikin band indie kamu semakin punya nama dan nggak hanya lokal saja tapi juga global. Caranya adalah bikin video demo yang menarik misalnya video klip atau video jamming band kamu terus upload ke video streaming seperti YouTube. Link video di YouTube bisa kamu share ke media sosial yang lain dan semakin banyak menambah viewers.

2. Melalui situs livestreaming Indonesia zeemi.tv
Salah satu platform online lokal Indonesia yang pas untuk promosi band indie kamu adalah Zeemi.tv. Di sini kamu bisa membuat pertunjukan live streaming di mana pengunjung bisa mendengarkan lagu-lagu yang kamu mainkan dan memberikan komentar langsung ke kotak chatroom yang tersedia di samping panel video. Dengan begitu kamu juga bisa langsung tahu respon penonton kepada penampilan band kamu. Kan lumayan buat bahan masukan.

3. Promo via iTunes
Keping-keping CD mulai tergantikan dengan musik-musik dalam bentuk digital. Band indie kamu bisa banget memanfaatkan peluang ini dengan masuk ke pasar iTunes yang bisa diakses oleh semua orang di dunia. Sayangnya untuk bisa promo via iTunes butuh modal yang lumayan sebelum kamu bisa jadi terkenal.

4. Sudah mencoba Jamendo.com?
Jamendo merupakan situs music dan sebuah komunitas terbuka yang terdiri dari musisi indie dan pecinta music. Sejak Oktover 2015, Jamendo focus pada “free to play music” dan download untuk keperluan personal. Model bisnis yang dimiliki oleh website ini memberikan kesempatan kepada para musisi untuk bisa mendapatkan penghasilan melalui penjualan lisensi music yang digunakan untuk menyertakan musik dalam suatu video. Pada akhir tahun 2013, Jamendo menawarkan lebih dari 400.000 lagu dari 30.000 musisi yang berasal dari 150 negara yang tersebar di seluruh dunia.

5. Promo di BeatPort

BeatPort.com tadinya hanya untuk musisi yang bergenre elektronik atau hiphop saja. Tetapi sekarang semua jenis musik sudah masuk ke sini kok. Kamu bisa coba peruntungan kamu untuk mempromosikan band indie dengan cara digital melalui platform ini.

6. Bareng musisi ternama di SoundCloud.com
Di Indonesia nggak cuma Youtube saja yang digunakan untuk meng-upload lagu baru tapi SoundCloud juga populer. Di sini musisi band indie bisa terkenal karena pengunjung bisa bebas mendengarkan musik apa saja. Kamu juga bisa mengatur mau hanya bisa didengarkan saja atau juga bisa di-download.

7. Lebih dekat dengan fans melalui Bandcamp.com
Bandcamp dibangun pada tahun 2007 dengan tujuan untuk menjadi toko music online bagi para musisi indie. Di dalam situs ini, para pemusik mendapatkan pilihan untuk menjualnya seharga tertentu ada bahkan menawarkannya secara gratis dengan menawarkan pilihan untuk memperoleh donation dari para penikmat musiknya. Melalui hal ini, seorang musisi mendapatkan tempat di dalam dunia online scara gratis. Bandcamp juga dimanfaatkan oleh para pembuat game indie untuk menjual soundtrack dari gamenya..

8. Perluas jaringan di ReverbNation.com
Reverbnation.com adalah situs jejaring sosial yang banyak dimanfaatkan musisi baik indie maupun yang sudah besar. Di sini kamu bisa mengunggah lagu band indie dalam bentuk mp3 dan menyebarnya ke internet dengan fitur share.

9. Akun profil musik di MySpace.com
Yess benar sekali MySpace masih eksis sampai sekarang. Sempat menjadi website yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2016, MySpace sempat surut akibat terkenda dampak dari semakin populernya facebook. Setelah berganti pemilik hingga 2 kali, website ini kembali hidup dengan total 50 juta pengunjung pada November lalu. Pantas untuk dicoba pastinya!

10. Bikin situs resmi atau blog resmi
Ada orang yang suka banget dengan band kamu tapi nggak bisa menemukan informasi yang lengkap tentang profil band. Ini bisa saja kejadian lho, makanya biar penggemar nggak menghilang, bikinlah situs resmi atau blog yang berisi mengenai profil band, personil, jadwal manggung, link download lagu demo, dan banyak lainnya. Pokoknya manfaatkan internet untuk promosi band indie semaksimal mungkin.

11. Sebar poster dan kartu namaKalau mau terkenal karena musik kalian, maka jangan takut untuk investasi awal alias keluar modal untuk promosi. Kalau lagu baru sudah selesai, kamu bisa bikin poster atau flyer untuk mengajak orang berkunjung ke situs band kamu dan men-download lagunya secara gratis. Namanya juga masih indie, gratisan dulu nggak apa-apa. Kartu nama juga penting untuk EO yang cari talent untuk mengisi acara atau produser yang mau membantu band kalian.

12. Kasih merchandise ke penonton

Selain menyebar nama melalui video atau livestream, kamu juga bisa memanfaatkan penggemar kamu untuk menyebarkan nama band. Caranya adalah bagi-bagi merchandise kepada penonton saat kamu tampil. Merch bisa berupa stiker yang bisa dipasang di mana-mana, atau bagi-bagi CD demo gratis.

13. Tembus radio off dan online
Masih banyak orang mau mendengarkan radio untuk mendengarkan lagu sambil beraktivitas. Kamu bisa manfaatkan peluang ini untuk mengajukan lagu demo band untuk promosi dan diputarkan di radio. Tergantung radionya sih mau memutarkan lagumu atau nggak, tapi kalau lagunya memang bagus pasti diputar kok. Atau kamu juga bisa memberikan lagu ke radio-radio internet yang bisa kamu cari di Google.

14. Rajin ikut festival musik
Banyak festival-festival musik untuk mengangkat karya-karya band indie yang bisa kamu ikuti baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan rajin ikut festival, bukan hanya kamu akan dapat penggemar yang makin banyak tapi juga sebagai latihan performing.

15. Perlakukan pendukungmu sebaik-baiknya
Semua musisi hanya akan besar melalui para fansnya. Jadi mumpung masih indie dipuasi-puasin berinteraksi dengan fansmu. Karena fanslah yang akan menjadi motor bagi musik kamu di masa depan. Bergabunglah dan aktif di komunitas tempat para calon fansmu berada. Buat para fans untuk ikut merasakan perasaan kamu dalam menyanyi dan bermain musik.

Tentunya kesuksesan tidak akan datang secara mudah, dibutuhkan banyak pengorbanan baik untuk berbagai hal sebelum musik yang kamu miliki bisa didengarkan oleh banyak orang.

Kira-kira cara mana saja yang sudah kamu coba??

Sumber :
Musisi Independen Indonesia. 2016. 15 Cara Mempromosikan Band Indie Kamu!. Diakses tanggal 13 Agsutus 2016. Link ; http://www.musisiindependenindonesia.com/15-cara-mempromosikan-band-indie-kamu/

Related Posts

Posting Komentar